Rabu, 17 Juni 2020

Silabus


                                                                                           SILABUS SMA/MA

Mata Pelajaran             : BAHASA INGGRIS-WAJIB
Kelas                    :  XI
Kompetensi Inti            :

KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar   
2.1  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
·   Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
·   Terbiasa menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
 Saran dan tawaran:
 Why don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need ….?
    Unsur kebahasaan
(1)    Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)    Rujukan kata

Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan proaktif

















Mengamati
·   Siswa menyimak/ mendengarkan  ungkapan  memberi  saran dan tawaran dan responnya dengan  (ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan) yang tepat, serta sikap santun dan peduli.
·   Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan ungkapan yang digunakan.
·   Siswa belajar mengambil giliran dalam melakukan tindak komunikasi
Mempertanyakan (questioning)
·      Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
-   Fungsi sosial
-   Ungkapan yang digunakan untuk memberi saran dan tawaran
-   Penggunaan unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif memberi  saran dan tawaran dan responnya.
Mengeksplorasi
·  Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan  dan tawaran dan meresponnya
·  Siswa berlatih menggunakan ungkapan tersebut
·  Siswa berlatih mengambil giliran dan menggunakan kesantunan dalam berkomunikasi
Mengasosiasi
·  Siswa menganalisis ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.  
·  Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
·   Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
·   Siswa membandingkan cara mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari sumber lain
Mengkomunikasikan
·   Siswa bermain peran memberi saran dan tawaran serta responnya
·   Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas,dalam bentuk percakapan/simulasi  dengan memperhatikanfungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi yang benar dan sesuai dengan konteks.
·   Siswa membuat ‘learning journal’
Kriteria Penilaian:
·  Tingkat ketercapaian fungsi sosial memberi  saran dan tawaran dan responnya
·  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks memberi  saran dan tawaran dan responnya
·  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
·  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·   Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi  saran dan tawaran dan responnya .
·   Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi  saran dan tawaran serta responnya
Pengamatan (observations): 
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk  memberi  saran dan tawaran dan responnya ketika muncul kesempatan.
·      Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi

2  x 2jp
·     CD/ Audio/ VCD
·     Koran/ majalah berbahasa Inggris
·     Sumber dari internet:

 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International
2.2.  Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Fungsi Sosial
·   Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
   menyatakan
   pendapat/pikiran
  I think …
  I suppose...
  In my opinion
Unsur Kebahasaan
   Ucapan, tekanan kata,   intonasi  
















Mengamati
·   Siswa mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat  dan pikiran  serta responnya
·   Siswa mengikuti interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
·   Siswa menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan pendapat  dan pikiran  (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
·   Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan berbagai ungkapan  menyatakan pendapat dan pikiran  dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan pendapat  dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·   Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·   Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·   Siswa menyatakan pikiran dan pendapat  dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·   Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal).
Kriteria Penilaian:
·  Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
·  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
·   Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
·   Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·     Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
·     Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
Pengamatan (observations): 
·      Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul kesempatan.
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·      Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
·     Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi


2 x 2 JP
·     CD/ Audio/ VCD
·     Koran/ majalah berbahasa Inggris
·     Sumber dari internet:

1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International
2.1.Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.3  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
Teks  lisan dan tulis untuk menyatakan  harapan dan doa  serta responnya

Fungsi sosial:
  Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
 Ungkapan:
      harapan dan doa
-   I hope …
-   I wish you all the best. Thank you.

Unsur kebahasaan:
 Ucapan, tekanan kata, intonasi  

Mengamati
·    Siswa mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan dan doa
·    Siswa mengikuti interaksi harapan dan doa  
·    Siswa menirukan model interaksi harapan dan doa   
·    Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi harapan dan doa. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan harapan dan doa  dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan harapan dan doa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan harapan dan doa yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·      Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.

Mengkomunikasikan
·      Siswa menyatakan harapan dan doa dalam bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·      Siswa menuliskan permasalahan penggunaan ungkapan harapan dan doa dalam  bahasa Inggris  dalam jurnal belajar (learning journal).
Kriteria Penilaian:
·  Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan harapan dan doa
·   Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
·   Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
·  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·     Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyatakan harapan dan doa serta responnya.
Pengamatan (observations): 
·     Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan harapan dan doa ketika muncul kesempatan.
·     Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·     Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
2 x 2 JP
·     CD/ Audio/ VCD
·     Koran/ majalah berbahasa Inggris
·     Sumber dari internet:

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3  Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.4   Menangkap makna teks undangan resmi.
4.5   Menyunting undangan resmi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi sederhana
Fungsi Sosial
Menjagahubungan transaksional dengan orang lain
Struktur
   Salutation
-   Will/ Couid  you come   with me to the exhibition?
-   Is it possible for you to attend my birthday partyr?
    Closing
Unsur kebahasaan:
(1)    Kata dan tata bahasa baku
(2)    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)    Layout
(5)    Rujukan kata
Mengamati
·     Siswa mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara resmi dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
·     Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
·     Siswa membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·     Siswa menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.

Mempertanyakan (questioning)
·     Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
·     Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam mengundang secara resmi.

Mengeksplorasi
·     Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain  dari berbagai sumber
·     Siswa

Mengasosiasi
·    Siswa menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
·   Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain.
·   Siswa menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
·    Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok

Mengkomunikasikan
·    Siswa melengkapi  teks undangan resmi dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
·    Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
·    Siswa menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
·    Dengan menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan
·    Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
Kriteria penilaian:
·  Pencapaian fungsi sosial
·  Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
·  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·     Melakukan role-play (bermain peran) mengundang secara resmi
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam  menyampaikan undangan secara resmi

Pengamatan (observations
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian adalah:
·   Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·   Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·   Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi undangan resmi
·   Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog.
·    Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks undangan resmi berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·     Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus,  komentar, atau bentuk penilaian lain
3 x 2 JP
·     Berbagai undangan dalam bahasa Inggris
·     CD/ Audio/ VCD
·     Koran/ majalah berbahasa Inggris
·     Sumber dari internet:

 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional  yang diwujudkan dalam semangat belajar 
2.3. Menunjukkankan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya 
4.7  Menangkap makna teks surat pribadi.
4.8   Menyusun teks surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
                    
Surat pribadi sederhana
Fungsi Sosial
Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman secara  tertulis
Memberi informasi kepada teman
Struktur
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit
Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
·    Kata dan tata bahasa baku
·    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
·   Rujukan kata
·   simple present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi

Mengamati
·     Siswa memperhatikan berbagai surat pribadi yang digunakan guru dari berbagai sumber (a.l. media massa, internet).
·     Siswa membacakan contoh-contoh surat pribadi tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·     Siswa menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
·     Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci

Mempertanyakan (questioning)
·     Dengan pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan
-      Fungsi Sosial;
-      Struktur
-      Unsur kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.
·       Siswa mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu

Mengeksplorasi
·     Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh surat pribadi  yang lain  dari berbagai sumber
·       Siswa berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
·     Siswa menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.

Mengasosiasi
·     Siswa menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.

·     Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi

Komunikasi
·     Siswa melengkapi  surat pribadi sederhana dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
·     Siswa berkreasi dalam menuliskan surat pribadi kepada teman/ guru
·     Siswa memperoleh penguatan dari guru
Kriteria penilaian:
·  Tingkat ketercapaian  fungsi sosial dalam menyampaikan surat pribadi
·  Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat
·  Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
·  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian

Cara Penilaian:
Pengamatan (observasi)
·    Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis surat pribadi
·    Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
·    Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·     Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca

Portofolio
·    Kumpulan catatan kemajuan belajar
·    Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan  surat pribadi,  berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
·     Kumpulan hasil tes dan latihan.
·     Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
4 x 2 JP

·     CD/ Audio/ VCD
·     Koran/ majalah berbahasa Inggris
·     Sumber dari internet:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Online B Inggris kelas X

Choose the best Answer!