SILABUS
SMA/MA
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS-WAJIB
Kelas : XI
Kompetensi
Inti :
KI
1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi
saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya
Fungsi Sosial
· Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
· Terbiasa
menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran dan meresponnya
Ungkapan
Saran dan tawaran:
Why don’t you…
What about …?
You should …
You can ….
Do you need ….?
Unsur kebahasaan
(1)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(2)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku peduli, kerjasama, dan
proaktif
|
Mengamati
·
Siswa menyimak/
mendengarkan ungkapan memberi
saran dan tawaran dan responnya dengan (ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan) yang
tepat, serta sikap santun dan peduli.
·
Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan
ungkapan yang digunakan.
·
Siswa belajar mengambil giliran dalam
melakukan tindak komunikasi
Mempertanyakan
(questioning)
· Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
- Fungsi
sosial
- Ungkapan yang digunakan untuk memberi saran
dan tawaran
- Penggunaan unsur kebahasaan dari tindakan komunikatif memberi saran dan tawaran dan responnya.
Mengeksplorasi
· Siswa secara mandiri mencari pengetahuan tambahan
tentang tujuan, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam ungkapan memberi dan
dan tawaran dan meresponnya
· Siswa berlatih
menggunakan ungkapan tersebut
· Siswa berlatih
mengambil giliran dan menggunakan kesantunan
dalam berkomunikasi
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis
ungkapan untuk menyatakan, memberi, dan menerima saran dan tawaran dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
·
Dalam kerja kelompok terbimbing, siswa membandingkan
ungkapan memberi saran dan tawaran dan responnya yang lain dan mengaitkan dengan
berbagai ekspresi yang mungkin digunakan, sesuai konteks penggunaannya.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
·
Siswa
membandingkan cara mengambil giliran dan merespon dengan yang diperoleh dari
sumber lain
Mengkomunikasikan
·
Siswa bermain peran memberi
saran dan tawaran serta responnya
·
Siswa menggunakan ungkapan-ungkapan memberi saran dan tawaran dalam konteks komunikasi yang wajar di dalam dan di luar kelas,dalam
bentuk percakapan/simulasi dengan
memperhatikanfungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan serta strategi yang
benar dan sesuai dengan konteks.
·
Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi sosial memberi saran dan
tawaran dan responnya
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur
teks memberi
saran dan tawaran dan responnya
· Tingkat ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain peran (role play) dalam
bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan tentang memberi saran dan tawaran dan responnya .
· Ketepatan menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam memberi saran dan tawaran serta responnya
Pengamatan
(observations):
·
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran dan responnya ketika
muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2jp
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi International
2.2.
Mengembangkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan
merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan pendapat
dan pikiran serta
responnya
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan interpersonal dengan
guru, teman, dan orang lain
Ungkapan
menyatakan
pendapat/pikiran
I think …
I
suppose...
In my
opinion …
Unsur Kebahasaan
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan/menonton interaksi menyatakan pendapat dan pikiran serta responnya
·
Siswa mengikuti
interaksi menyatakan pendapat dan pikiran
·
Siswa menirukan
model interaksi menyatakan
pendapat dan pikiran
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menyatakan
pendapat dan pikiran (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan
berbagai ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan pendapat dan pikiran dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran yang
telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyatakan pikiran dan pendapat dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar
kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa
Inggris untuk menyatakan pendapat dan pikiran dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
· Tingkat kelengkapan dan
keruntutan struktur teks ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan
tentang ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
· Ketepatan menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan
pendapat dan pikiran serta responnya
Pengamatan
(observations):
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan pendapat atau pikiran ketika muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
·
Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
|
2
x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
1.1.Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International
2.1.Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.3
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan
doa
bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya
4.3 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan harapan dan doa, bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan
tulis untuk menyatakan harapan dan doa serta
responnya
Fungsi sosial:
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Ungkapan:
harapan
dan doa
-
I hope …
-
I
wish you all the best. Thank you.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan/menonton interaksi ungkapan harapan dan doa
·
Siswa mengikuti
interaksi harapan dan doa
·
Siswa menirukan
model interaksi harapan dan doa
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi harapan
dan doa. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
(questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai ungkapan harapan dan doa dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan
dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menyatakan harapan dan doa dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan harapan dan doa yang telah
dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
·
Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menyatakan harapan dan doa dalam bahasa Inggris,
di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa menuliskan permasalahan penggunaan ungkapan
harapan dan doa dalam bahasa
Inggris dalam jurnal belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Tingkat ketercapaian fungsi social ungkapan menyatakan harapan dan doa
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur
teks ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
·
Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata,
ucapan, tekanan kata, intonasi
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
·
Bermain peran (role
play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan
tentang ungkapan menyatakan harapan dan doa bersayap
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyatakan harapan dan doa serta responnya.
Pengamatan
(observations):
·
Upaya
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan harapan dan doa ketika muncul kesempatan.
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Kesantunan dan kepedulian dalam melaksanakan komunikasi
|
2 x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkankan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks undangan resmi, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.4 Menangkap
makna teks undangan resmi.
4.5 Menyunting undangan resmi dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.6 Menyusun teks tulis undangan resmi, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks khusus, lisan dan tulis, berbentuk undangan resmi
sederhana
Fungsi
Sosial
Menjagahubungan
transaksional dengan orang lain
Struktur
Salutation
-
Will/ Couid you come with me to the exhibition?
-
Is it possible for you to attend my birthday partyr?
Closing
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata dan tata
bahasa baku
(2)
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(4)
Layout
(5) Rujukan kata
|
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan berbagai ungkapan yang digunakan guru dalam mengundang secara
resmi dari berbagai sumber (a.l. media
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
·
Siswa
membacakan contoh-contoh teks mengundang tersebut dengan ucapan, intonasi,
tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Siswa
menyalin contoh-contoh teks undangan resmi sesuai dengan aslinya agar
menangkap isi, format dan tata letak penulisan.
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan;
struktur dan kebahasaan yang digunakan dalam mengundang secara resmi.
·
Siswa
memperoleh pengetahuan tambahan tentang tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dalam mengundang secara resmi.
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh undangan yang lain dari berbagai sumber
·
Siswa
Mengasosiasi
·
Siswa
menganalisis berbagai macam undangan terkait dengan tujuan, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci, efektivitasnya.
·
Secara berkelompok siswa mendiskusikan ungkapan yang
mereka temukan dari sumber lain.
·
Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang di sampaikan dalam kerja kelompok
Mengkomunikasikan
·
Siswa
melengkapi teks undangan resmi dan
menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat feedback.
· Siswa berkreasi dalam membuat kliping undangan resmi
·
Siswa
menyunting undang yang diambil dari berbagai sumber
·
Dengan
menggunakan multimedia, siswa membuat kartu undangan
· Siswa memperoleh penguatan dari guru dan teman sejawat
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Ketepatan unsur
kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara
Penilaian:
Unjuk kerja
·
Melakukan role-play
(bermain peran) mengundang
secara resmi
·
Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan undangan secara resmi
Pengamatan (observations
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran
penilaian adalah:
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Kesungguhan
siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
·
Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis
teks berisi undangan resmi
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam
membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog.
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan teks undangan
resmi berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal,
format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
3 x 2 JP
|
·
Berbagai
undangan dalam bahasa Inggris
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkankan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks surat pribadi, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7 Menangkap makna
teks surat pribadi.
4.8 Menyusun teks
surat pribadi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Surat pribadi sederhana
Fungsi Sosial
Menjalin
hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman
secara tertulis
Memberi informasi
kepada teman
Struktur
Date
Salutation: Dear ....
Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan
sekarang dan apa yang sedang dilakukan
Content: Mengabarkan hal yang sudah/
akan terjadit
Closing: Menutup surat dengan
harapan untuk bertemu kembali
Signature
Unsur kebahasaan:
· Kata dan tata bahasa baku
· Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
· Ucapan, tekanan
kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
· Rujukan kata
· simple present, simple past, ejaan, ucapan,
intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi
|
Mengamati
·
Siswa
memperhatikan berbagai
·
Siswa
membacakan contoh-contoh
·
Siswa
menyalin contoh-contoh tersebut sesuai dengan aslinya agar menangkap isi,
format dan tata letak penulisan.
· Siswa berlatih menentukan gagasan utama, dan informasi rinci
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
pertanyaan pengarahan dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan
-
Fungsi
Sosial;
-
Struktur
-
Unsur
kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi.
· Siswa mempertanyakan cara menetukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara mandiri dan dalam kelompok mencari contoh
· Siswa berdiskusi menentukan gagasan utama, dan informasi rinci dan informasi tertentu
·
Siswa
menyusun paragraph-paragraf pendek menjadi surat pribadi.
Mengasosiasi
·
Siswa
menganalisis berbagai macam surat pribadi terkait dengan tujuan, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi ketepatan, efisienci,
efektivitasnya.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang sampaikan dalam surat pribadi
Komunikasi
·
Siswa
melengkapi
·
Siswa
berkreasi dalam menuliskan
·
Siswa
memperoleh penguatan dari guru
|
Kriteria penilaian:
· Tingkat ketercapaian
fungsi sosial dalam menyampaikan surat pribadi
· Tingkat kelengkapan dan keruntutan struktur teks surat
· Tingkat ketepatan
unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian
format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan
(observasi)
·
Upaya menggunakan Bahasa Inggris dalam menulis surat
pribadi
·
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam
setiap tahapan
·
Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi
·
Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi
dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan
kemajuan belajar
·
Kumpulan karya
siswa yang mendukung proses penulisan surat pribadi, berupa: draft,
revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
·
Catatan atau
rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
|
4
x 2 JP
|
·
CD/ Audio/ VCD
·
Koran/ majalah
berbahasa Inggris
·
Sumber dari
internet:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar