Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran :B. Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 15
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
2. Mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Merespon makna dalam makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: narrative
2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: narrative
Indikator
1. Merespon wacana monolog: narrative
2. Melakukan monolog berbentuk : narrative
Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat merespon wacana monolog: narrative
· Siswa dapat melakukan Melakukan monolog berbentuk: narrative
Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk: narrative contohnya:
Here is the story. A long time ago, when the world was new, the Sun married the Moon and they lived as happily as can be. They lived in a little cottage near the Ocean.
You know what? One day, the Sun and the Moon invited the Ocean to their house for a visit. The Ocean liked it so much. He wanted to stay in a little cottage. The sun and the Moon liked the Ocean and hoped the cottage would be big enough for all three of them.
So the Sun and the Moon invited the Ocean to stay with them. What happened then? Then came the Ocean with all his friends; the whales, the fish, the porpoises, the crabs and all the creatures that live in the sea.
Oh my….. The water rose higher and higher in the cottage. Soon, there was no more room for the Sun and the Moon. Oh, how poor they were. They rose up into the sky where they have lived ever since. Well, that’s the story.
Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (10’)
- Tanya-jawab mengenai gambar dalam buku teks
· Kegiatan Inti (75’)
- Siswa menyusun gambar berurutan berdasarkan teks monolog narrative yang didengar
- Siswa merespon isi teks monolog narrative dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosakata.
- Siswa mendengarkan teks monolog narrative berikutnya sambil melengkapi teks.
- Siswa kemudian menjawab pertanyaan tentang teks monolog narrative .
- Siswa mengidentifikasi teks monolog narrative sebelumnya (cerita: Why does the Sun and the Moon live in the sky?New Mexico Version) dengan menggunakan kalimat conditionals
- Siswa melengkapi kalimat conditionals
- Siswa mendiskusikan penggunaan conditionals
- Siswa diminta membetulkan kalimat conditionals
Kegiatan Akhir (10’)
Siswa mengulas pelajaran sebelumnya
Sumber/Bahan/Alat
· Buku Look Ahead 2
· Kaset/CD
· Interlanguage
· Internet
Penilaian
· Teknik: Performance Assessment (responding)
· Bentuk: Pertanyaan lisan
Tangerang, Juli 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
ADE INDRESWARI .S.S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar